Posted by : Lomba Blog 5 Jumat, 02 November 2018


Sejarah Singkat Kehidupan Ir. Soekarno - Ir Soekarno (1901 - 1970) adalah presiden Republik Indonesia (RI) pertama dan pahlawan proklamator. Beliau menjadi presiden RI sejak tahun 1945 sampai 1967. Ir Soekarno dikenal pandai berpidato dan menguasai beberapa bahasa asing, sehingga dijuluki sebagai "Singa Podium". Ir Soekarno lahir di Surabaya, Jawa Timur, pada 6 juni 1901.

Jenjang pendidikannya dimulai dari Indische School (IS) di Tulungagung. Setlah lulus melanjutkan pendikikannya di Europesche Lagene School (ELS) Mojokerto, Jawa Timut, Hogene Burger School (HBS) Surabaya, dan sekarang menjadi Institut Teknologi Bandung (ITB) , di Bandung, Jawa Barat, dan memperoleh gelar insinyur.

Masa kecil Soekarno hanya beberapa tahun hidup bersama orang tuanya di Blitar. Semasa SD hingga tamat, beliau tinggal di Surabaya, indekos di rumah haji Oemar Said Tokroaminoto, politisi kawakan pendiri Syarikat Islam.  Kemudian melanjutkan  sekolah di HBS (Hoogere Burger School). Saat belajar di HBS itu, Soekarno telah menggembleng jiwa nasionalismenya. Selepas lulus HBS tahun 1920, pindah ke Bandung dan melanjut ke THS (Technische Hoogeschool atau sekolah tekhnik Tinngi yang sekarang menjadi ITB).

Kemudian, beliau merumuskan ajaran Marhaenisme dan mendirikan PNI (Partai Nasional Indonesia) pada 4 Juli 1927, dengan tujuan Indonesia merdeka. Akibatnya, Belanda memasukkannya ke penjara Sukamiskin, Bandung pada 29 Desember 1929. Saat dipenjara, Soekarno mengandalkan hidupnya dari sang istri. Seluruh kebutuhan hidup dipasok oleh Inggit yang dibantu oleh Kakak kandung Soekarno, Sukarmini atau yang lebih dikenal sebagai Ibu Wardoyo.

Dia dikategorikan sebagai tahanan yang berbahaya. Bahkan untuk mengisolasi Soekarno agar tidak mendapat informasi dari luar, dia digabungkan dengan para tahanan 'elite', Kelompok tahanan ini sebagian besar terdiri dari orang belanda yang terlibat  korupsi, penyelewengan, atau penggelapan. Tentu saja, obrolan dengan mereka tidak nyambung dengan Bung Karno muda yang sedang bersemangat membahas mperjuangan kemerdekaan. Paling banter yang dibicirakan adalah soal makanan, cuaca, dan hal hal yang tidak penting. Beberapa bulan pertama menjadi tahanan di Sukamiskin komunikasi Bung Karno dengan  rekan-rekan seperjuangannya

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Mengenang Sejarah Indonesia - Blogger Templates - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -